Senin, 08 Desember 2008

Very Creamy Cream Soup


Dari semua resep cream soup yang pernah saya buat, yang ini yang paling cocok dengan lidah saya dan pelanggan-pelanggan saya. Rasanya creamy banget (ya iyalah, wong pake cream, gak pake susu), tapi juga segar karena paduan bay leaf, basil, dan tarragon. Kalau untuk anak-anak, bisa ditambah frozen vegetables, tapi kalau untuk ibu-ibu arisan aja saya biasanya gak pake. Tergantung selera deh ya.

Jangan lupa pilih ayam yang ‘kering’, dan bumbu-bumbu yang masih segar biar top…

Ini resepnya (dengan modifikasi sedikit ala saya):

Bahan :

1/2 ekor ayam (saya pakai punggung ayam eks fillet saja untuk dibuat kaldu)
Untuk dagingnya, saya pakai 1 bungkus ayam asap, potong dadu.
1 liter air untuk merebus
1 lembar bayleaf
1 siung bawang putih, memarkan
3 batang seledri besar (saya gak pake)
150 gr wortel (saya gak pake)
50 gr margarine untuk menumis (saya pake butter)
100 gr bawang Bombay, cincang
2 siung bawang putih, cincang
30 gr terigu
½ sdt basil,
¼ sdt tarragon,
½ sdt garam
¼ sdt merica
400 ml light cream

Cara :

1.rebus ayam dengan bayleaf dan bawang putih, untuk buat kaldu yang bagus, saya suka pake api simmer. Emang cukup lama, tapi kaldunya enak. Resep aslinya sih 25 menit cukup.
2.angkat dan tiriskan ayam dari kaldunya. Buang bawang putih dan bayleaf, saring kaldu sebanyak 750 ml, dinginkan.setelah dingin buat lemak diatasnya.
3.lepaskan ayam dari tualngnya dan buang kulitnya. Potong daging ayam bentuk dadu 1 cm, iris seledri, dan wortel.. (bagian ini saya skip karena pakai ayam asap, gak pake seledri juga wortel.
4.panaskan margarine dalam panci, tumis bawang Bombay dan bawang putih sampai harum. Masukkan terigu, aduk cepat. Tuang kaldu, aduk cepat juga sampai licin.
5.masukkan ayam, basil, tarragon, dan semua bumbu. Aduk, tutup panci, masak hingga semua bahan matang. Kecilkan api, tuang cream nya. Tidak usah sampai mendidih. Angkat dari api.
6.kalau mau pake frozen vegetables, blansir dulu si sayuran, masukkan ketika akan dihidangkan supaya tetap segar dan tidak lembek.

2 komentar:

ui uwie mengatakan...

light creamnya pake anchor yach?

Jurnal Perut mengatakan...

bisa, ceu...tapi saya seneng pake light creamnya elle & vire....